DD Desa sisobandao, sirombu Nias barat, Terlaksana dengan baik

newsmediapublikasi

nias barat newsmp kegiatan Dana desa (DD) di Desa sisobandao kecamatan Sirombu kabupaten Nias barat, berjalan dengan baik, hal ini di sampaikan oleh kepala desa, Rabu 10/02/2021 di kediamannya.

Kepala Desa sisobandao, kecamatan Sirombu kabupaten Nias barat Elvin A Waruwu mengatakan mengenai bangunan fisik DD Ya. 2018 sudah selesai dan telah terlaksana dengan baik, yang di laksanakan oleh TPK fisik kegiatan di Desa sehingga waktu itu tunda bayar,maka kegiatan tersebut di lanjutkan pada tahun anggaran 2019, katanya.

Lanjutnya, menjelaskan bahwa pembangunan fisik DD Ta. 2020, di utamakan Bantuan langsung tunai (BLT) dan pencegahan corona, selebihnya akan di sisakan untuk pembangunan fisik,jelasnya kandas.

“Ada beberapa kegiatan fisik DD Ta. 2020 yakni : pembukaan jalan dari Dusun ll menuju Dusun lll Ononamolo akan tetapi berkendara sedikit karena yang punya lahan tidak bersedia menghimbahkan tanahnya sedangkan pada waktu MUDES, ada salah seorang warga yang menjamin lokasi itu an. Rusuli Hia alias Ama indah yg membuat isu miring, Beliau mengatakan pasti di ijinkan oleh yang punya tanah”, Selain itu kegiatan fisik DD Ta. 2020, pembangunan Gedung BUMDes dan Dana Afirmasi.

Masih kades, setelah sampai di Desa pentunjuk tekni Dana Afirmasi ini sangat bermanfaat, untuk membangun Balai Serba Guna (BSG) dan hibanya sudah ada di pemerintahan Desa, jadi masyarakat jangan ragu kegiatan tersebut, pasti terlaksana dengan baik, pungkasnya.

Ketika pers menanyakan pembangunan fisik DD Ta. 2018, kades jelaskan pada saat itu mantan sekretaris Desa Tawarikh Bu’ulolo, mengatakan Dialah yang membuat APBDes tersebut dan masalah ini TB yang tahun lebih mendetail, waktu itu setalah siap APBDes RAB belum siap.

Setelah RAB sudah siap di buat, ketika dihitung tidak cukup Dana yang panjang parit yang 250 meter hanya 160 meter itu pun lebih berkisar 5 meter dengan pagu Dana yang di APBDes, masalah ini inspoktorat Nias barat telah meng-audit kegiatan ini pada tahun 2019, karena waktu itu ada salah seorang tokoh masyarakat yang membuat laporan terkait kegiatan fisik DD Ta. 2018 dengan hasil temuan kurang lebih Rp.235.000.000.-dan Dana tersebut telah kita kembalikan ke Rekening Desa, paparnya kades.

Onekhesi Waruwu alias Ama lince (50) Tokoh masyarakat Desa sisobandao kecamatan Sirombu kabupaten Nias barat, membenarkan pernyataan kepala Desa bahwa mengenai kegiatan fisik DD Ta 2018, ada tujuan item yang saya laporkan dan surat tersebut ada sama inspektorat, katanya.

Berdasarkan laporan saya itu, inspektorat melaksanakan tugas mereka dengan menurunkan Tim, untuk meng- audit kegiatan fisik DD Ta. 2018 di Desa sisobandao kecamatan Sirombu kabupaten Nias barat, sehingga terdapat Dana yang belum terealisasi kurang lebih Rp.235.000.000.- dan telah di kembalikan ke rekening Desa sekaligus menjadi Silva, jelasnya.

Pada tahun 2020, DD telah di cairkan oleh pemerintah Desa sisobandao, kegiatan fisik telah dilaksanakan di sungai Abuala dengan membangun parit beton.

Pada pencairan berikutnya kurang lebih Rp. 200.000.000, kegiatan fisik DD dibangun pagar,WC, Dwiker Plat dan Timbunan.

Akibat covit- 19,demi menjaga protokoler kesehatan sehingga kegiatan fisik DD Ta.2020 sedikit terkendala pembangunan pagar dan Paving blok.

Untuk itu, saya Sulaku tokoh masyarakat tidak keberatan karena pada tahun 2019, DD fisik Desa sisobandao kecamatan Sirombu kabupaten Nias, telah di Aduit oleh inspektorat dan telah diberikan kepada saya hasil keputusan Audit dan hasil rekening Desa yang telah dikembalikan oleh pemerintah Desa, bahwa masalah DD 2018 dan 2019, telah selesai blok.

Jika ada pengaduan masyarakat an.Rudil Hia alias Ama indah, terkait kegiatan fisik mulai dari 2019 dengan laporan yang sama maka itu tidak benar karena hasil keputusan dan hasil Audit telah ada di pemerintahan Desa sisobandao.
Fatika Daeli

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *