LOBY dan NEGOSIASI di HPMT Komisariat UMI Makassar bersama Suardi A. Kahar

newsmediapublikasi

Jeneponto.Neswpublikasi com
Himpunan Pelajar Mahasiswa Turatea (HPMT) Komisariat Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar meluncurkan Program Edukatif yang diberinya nama: “SEKOLAH ADVOKASI”. Berlangsung mulai tanggal 27 sampai dengan 28 Juli 2020 bertempat di Gedung Pemuda Pancasila Jalan Lingkar Jeneponto.

“Kegiatan Sekolah Advokasi Jilid 1 HPMT Komisariat UMI ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan lembaga. Berangkat dari sebuah kesadaran, bahwa proses advokasi menjadi sangat penting terutama dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul”, Rilis Ketua Komisariat HPMT UMI, Muh. Nur Ilham Syarifuddin pada Selasa 28 Juli 2020.

Di antara Materi Pamungkas yang diturunkan pada gelaran program bertajuk “SEKOLAH ADVOKASI” ini adalah; Teknik Loby dan Negosiasi. Materi ini diyakini lumayan berat oleh penyelenggara.

“Materi Teknik Loby dan Negosiasi adalah Materi yang lumayan berat. Oleh karena itu, Kami daulat Kakanda Suardi A. Kahar semoga dapat memberikan pencerahan melalui pendekatan practise oriented sekaligus ini bagi Kami menjadi modal kemampuan dasar bagi para calon Advokat”, kata Yusril dalam pengantar mendampingi pemateri.

“Lobi dan negosiasi kerap terjadi dalam berbagai kegiatan, baik itu politik, sosial sampai pada berbagai kepentingan bisnis. Lobi dan negosiasi adalah proses yang berbeda namun berkaitan. Ada kalanya lobi dilakukan terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan negosiasi. Namun dalam negosiasi juga sering dilakukan lobi jika terdapat hal hal yang sulit terpecahkan dalam proses negosiasi. Dalam penerapannya dilakukan secara adaptif berdasarkan kebutuhan keadaan” urai Suardi A. Kahar dalam paparan materinya.

Proses acara berlangsung sangat dinamis, dialogis aktif dan cukup meriah. Di penghujung materi dilakukan penganugerahan penghargaan berupa sertifikat berbingkai dari penyelenggara acara kepada pemateri “Bahagia dan sangat haru rasanya menerima sertifikat penghargaan ini. Terima kasih HPMT Komisariat UMI Makassar” haru Suardi A. Kahar, Ketua Umum DPD BKPRMI dan Kabid Pembudayaan Olah Raga Kantor DISPORA Kab. Jeneponto. LAPORAN BASRI TOLA.

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *